Gedung Merdeka di Bandung

image

Gedung bergaya art deco ini bernama Gedung Merdeka.Terletak di Jalan Asia Afrika Bandung, pada tahun 1895,awalnya hanya bangunan sederhana,namun mempunyai luas tanah 7.500 meter persegi. Orang-orang Belanda yang kala itu menjajah Nusantara dan orang-orang Eropa pernah menjadikan tempat ini sebagai tempat pertemuan mereka, disebut “Societeit Concordia”.

Pada 1921, bangunan yang diberi nama Concordia itu, dirombak menjadi gedung pertemuan “super club” yang paling keren dan eksklusif oleh perancang C.P. Wolff Schoemaker.

Pada masa penjajahan Jepang, bangunan utama gedung ini berganti nama menjadi Dai Toa Kaikan,digunakan sebagai pusat kebudayaan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan Indonesia (17 Agustus 1945), gedung ini menjadi markas pemuda Indonesia menghadapi tentara Jepang. Lalu menjadi tempat kegiatan Pemerintah Kota Bandung. Ketika era pemerintahan pendudukan (1946 – 1950), fungsi gedung dikembalikan menjadi tempat rekreasi.

Menjelang Konferensi Asia Afrika, gedung itu diperbaikan dan diubah namanya oleh Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno, menjadi Gedung Merdeka pada 7 April 1955.

Informasi diatas telah saya rangkum.Selengkapnya bisa dibaca di link sbb:

http://http://asianafricanmuseum.org/gedung-merdeka-dari-masa-ke-masa/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s